ScrollFx

Minggu, 07 Desember 2008

2 Masalah Besar Manusia


Mencoba tuk menaklukkan tantangan sebagai mana Andera Hirata dalam Komik eh Novel Laskar pelangi adalah hal yang sangat menyenangkan untuk ku lalui. Seakan karakter ini telah mngkrital dalam diriku. hingga uatu saat orang terdekatku mengingatkan dan mengutarakan akan kekhawatirannya padaku. Secara teoritis memang manuia memiliki keterbatasan dan secara psikologis mereka rentan depresi ketika segala target yang dicanangkan tidak terlampau.
Bagaimana dengan diriku,apakah aku sama dengan teori yang diamini oleh sebagian mayarakat kita?

Realitasnya memang benar bahwa sebagai sosok personal yang sedang belajar pada alam, aku memang merasa banyak memiliki kekurangan dan terkadang sdikit depresi saat mengalami kegagalan dalam melampaui target yang dicanangkan. Namun saya kira itu bukan problem besar dari perjalanan panjang kehidupan Manusia khususnya bagi Ivan Secara pribadi.Namun justru yang menjadi problem besar ialah manakala sang manusia tidak berhasil melihat hikmah dari berbagai kekurangannya dan hanya selalu meratapi nasib yang berujung pada rasa rendah diri.
Oleh karenanya Rasa rendah diri sebagai titik kulminasi awal akibat kegagalan melihat hikmah dibalik kekurangan diri, secara otomatis mengkerdilkan berbagai peluang utnuk menumbuhkembangkan potensi diri yang belum tergali.
Jika pada titik kulminasi awal ini telah menjadi sebuah problem yang akut, maka sang penderita harus bersiao untuk masuk dalam masalah ke dua yaitu Depresi.
Depresi adalah suatu gangguan jiwa yang dapat diakibatkan oleh berbagai ragam sebab. Depresi itu sendiri pun tidaklah terdiri dari satu macam tipe saja. Meskipun demikian, depresi dapatlah merupakan satu atau kombinasi dari ketiga hal di bawah ini:
Sebagai gejala dari sesuatu, misalnya sebagai akibat sampingan dari influenza atau penyakit serius yang lain.
Sebagai reaksi terhadap keadaan atau kejadian-kejadian dalam hidup, seperti pemberhentian hubungan kerja ataupun kematian. Dalam kategori ini depresi disebut sebagai depresi reaktif.
Sebagai penyakit tersendiri yang disebabkan oleh ketidakseimbangan kimia hidup dalam diri kita.
Jika sebagai manuia yang memiliki otak dan hati kita gagal dalam "memerangi" 2 musuh bear tadi maka tunggulah kehancuran masa depan anda.
Lalu bagaimana strategi menghadapinya?????
Silahkan Tunggu Poting Berikutnya

Tidak ada komentar: